VISI MISI

LOGO-KJPL-INDONESIA-2015-WE

Visi :

Menjadi organisasi jurnalis yang peduli pada kondisi lingkungan dan bumi lewat profesi jurnalis untuk kebaikan seluruh umat di bumi

Misi :

Membangun kesadaran masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan hidup lewat profesi jurnalis, yang berhubungan erat dengan berbagai golongan sosial, ekonomi, dan strata pendidikan

Mempererat tali silahturahmi antar jurnalis, dengan memberi sumbangsih materiil dan immaterial dalam KJPL yang kemudian berkembang sebagai organisasi masyarakat yang berkarya dan memberdayakan potensi semua aset organisasi, untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga bermanfaat untuk bangsa dan negara

*******

KJPL – Indonesia sampai hari ini, terus mengalami masalah lingkungan yang disebabkan perilaku manusianya sendiri selain memang geliat atau gejala alam itu sendiri. Berbagai polusi dan pencemaran,  kerusakan hutan,  banjir,  tanah longsor, keracunan bisa jadi hanya sebagian dari kejadian sebenarnya yang pernah terungkap.

Profesi jurnalis dengan medianya diharapkan bisa menggunakan ‘kesaktiannya’ untuk menjadi pembawa aliran kebenaran yang proposional, dalam hal menyampaikan masalah dan solusi permasalahan lingkungan.

Masalah lingkungan kebanyakan baru akan menjadi berita bila sudah membawa korban materi atau jiwa, padahal dalam faktanya sangat banyak masalah yang belum ditemukan, dibuka, didiamkan, ditutupi atau perlakuan-perlakuan lainnya.

LOGO-KJPL-INDONESIA-2015-WE

Secara resmi dilahirkan dan dideklarasikan pada 1 Juni 2006  di Surabaya, oleh para jurnalis waktu itu, diantaranya TEGUH ARDI SRIANTO Mantan Reporter Radio Suara Surabaya sekarang Redaktur Media Online www.intiwarta.comARIES WIDOJOKO Mantan Penyiar Radio Suara SurabayaFAJAR ARIFIANTO Reporter dan Kameraman Indosiar – Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) PusatGRENDA SRI BHISMA Presenter dan Reporter RCTI Jawa Timur,  juga beberapa jurnalis lain dari beberapa media.

KJPL – Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan berdiri, dengan harapan bisa memberikan kontribusi peran positif pada lingkungan hidup yang lebih baik melalui peran para jurnalis dalam menyampaikan pesan, berita, informasi dan lainnya dalam berbagai media dengan standart yang tepat.

KJPL bertujuan untuk :

  • Membangun kapasitas pemahaman masalah lingkungan hidup di Indonesia
  • Meningkatkan kemampuan peliputan berita lingkungan hidup bagi para jurnalis
  • Membangun jaringan antara jurnalis dengan nara sumber  yang independen
  • Membentuk aliansi jurnalis profesional dalam masalah lingkungan hidup
  • Berpartisipasi dalam penyadaran masyarakat untuk pelestarian lingkungan hidup

Untuk mencapai tujuan tersebut, KJPL sudah melakukan serangkaian training dan beberapa kegiatan pelestarian dan perbaikan lingkungan, juga pengawasan pada pelaku perusakan dan pencemar lingkungan hidup, termasuk pengawasan pada penegakan hukum lingkungan.

KJPL dalam aktifitasnya juga akan bermitra dengan berbagai organisasi, kelompok, instansi yang mempunyai arah dan tujuan sama, untuk perbaikan lingkungan hidup.

Dengan demikian, masyarakat luas, pemerintah dan elemen-elemen terkait lainnya akan lebih ‘melek’atau sadar dan berperan serta secara aktif, dalam mengantisipasi dan mengatasi masalah lingkungan yang ada dan akan datang.

Harapan kami, pada semua institusi dan masyarakat luas, dapat bekerja sama dengan kami, melalui informasi yang disampaikan pada kami, baik berupa aktifitas pelestarian lingkungan hidup, dan agenda-agenda lain tentang lingkungan hidup. Semoga harapan kami seiring dan bermanfaat untuk semua.

Salam kenal dari kami, 

Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) Indonesia

Website :  www.kjpl.or.id  | www.kjpl.wordpress.com

E-mail :  sekretariat@kjpl.or.id | humas@kjpl.or.id | kjploke@yahoo.com |  kjploke@gmail.com

Alamat Sekretariat : Jl. Asem Mulya 5 No. 33 Surabaya | 60182  | Jawa Timur | Indonesia

HP. +6285 6300 1707 | HP. +6289 8361 6377 | FAX. +6231 532 4914 | FAX. +6281 652 4327

PIN BlackBerry : 5F511072 | D0497758

Facebook : https://www.facebook.com/kjploke

Facebook : https://www.facebook.com/kjplkita

Twitter : @kjpl_indonesia | @kjplindonesia

Instagram : https://www.instagram.com/kjplindonesia/

Google+ : https://plus.google.com/106506383766530946516

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCf7nzAUJGFPnleK24qSdU-g

 

AKTIFITAS DAN KEGIATAN KJPL INDONESIA

  1. Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Se Jatim (2006)
  2. Jurnalis trip susur sungai Brantas, sebagai sumber air minum utama warga Jawa Timur bekerja sama denga ESP – USAID (2006)
  3. Pelatihan Jurnalis Lingkungan tentang kegiatan eksplorasi pertambangan migas bekerja sama dengan BP Migas (2006)
  4. Penganugerahan ‘Pagebluk Award’ untuk perusahaan-perusahaan dan instansi yang melakukan perusakan lingkungan (2006)
  5. Pemantaun kegiatan seismik pertambangan migas oleh SMEC operator pertambangan migas, di Bangkalan – Madura (2007)
  6. Pemantaun pencemaran Kali Surabaya akibat bocornya limbah tetes di kawasan Jombang (2007)
  7. Jurnalis trip untuk memantau proses eksplorasi pertambangan di KODECO ENERGY – Gresik (2007)
  8. Pelatihan Jurnalis Lingkungan untuk siswa siswi SMA Se- Jatim bekerja sama dengan ECOTON – Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah diikuti ratusan siswa (2007)
  9. Peningkatan kemampuan kepekaan jurnalis lingkungan, pada masalah lingkungan di sekitarnya dengan pelatihan internal jurnalis lingkungan (2007)
  10. Pemberian bantuan pada korban banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Jawa Timur bekerja sama dengan IKA – ITS (2008)
  11. Penanaman dan pemeliharaan pohon produktif dan lindung di beberapa lokasi di Jawa Timur, bersama beberapa instansi (2006 – 2008)
  12. Penebaran benih ikan di Kali Surabaya, dengan beberapa instansi, untuk meredam pencemaran air di Kali Surabaya, yang menjadi sumber air minum warga Jawa Timur (2006 – 2008)
  13. Pameran Foto Perusakan Lingkungan bertema “Korupsi dan Perusakan Lingkungan” di Royal Plasa – Surabaya, diikuti puluhan fotografer amatir dan jurnalis foto berbagai media (2008)
  14. Lomba Foto Perusakan Lingkungan dan Ruwatan Kali Surabaya bersama Ecoton, di Sepanjang Kali Surabaya, berpusat di Desa Bambe – Driyorejo – Gresik, Minggu, 17 – 24 Agustus 2008
  15. Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Bersama Masyarakat Binaan PT HM Sampoerna, yang difasilitasi YPPI Surabaya (2009)
  16. Pameran Foto dan Diskusi Tentang Perusakan Lingkungan bertema “Satu Bumi Untuk Semua” di Royal Plasa – Surabaya, 5 – 11 Juli 2010, diikuti puluhan fotografer amatir dan jurnalis foto berbagai media dan para aktifis lingkungan hidup di Jawa Timur (2010)
  17. Penanaman Pohon dan Pelepasan Burung untuk membasmi hama ulat bulu di Kampus ITS – Sukolilo – Surabaya bersama Rektor ITS dan Walikota Surabaya, 09 April 2011
  18. Pagelaran “Perempuan Penyelamat Lingkungan”, dalam rangka Hari Kartini dan Hari Bumi 2011, di Atrium Sunshine – BG Junction Surabaya, 12 – 14 April 2011
  19. Penganugerahan “Pagebluk Award” 2011, Untuk Penyelamat dan Perusak Lingkungan Hidup, Kamis, 30 Juni 2011 – BG Junction Surabaya
  20. Pameran Lingkungan Hidup Bersama Kantor Berita Antara Jawa Timur, di Grand City Mall, Surabaya, 26 Mei – 02 Juni 2012
  21. Menggugah kesadaran dan partisipasi anda, untuk tetap melestarikan dan peduli pada lingkungan, sekarang dan yang akan datang, dengan kegiatan nyata di lapangan bersama Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan – KJPL.

*******

“Ambilah Peran Dalam Upaya Penyelamatan Lingkungan Sesuai Kemampuan dan Peran Anda di Masyarakat…!!!”

”Laporkan Semua Kejadian Perusakan dan Pencemaran Lingkungan Pada Kami Setiap Saat Anda Temukan, KJPL Indonesia Segera Menindaklanjuti Laporan Anda…!!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s