Sungai Dukung Peradaban Bangsa Indonesia

Surabaya | Fungsi dan peran sungai di Indonesia, mulai masa lalu sampai sekarang sangat strategis untuk mendukung peradaban bangsa.

Kondisi ini disadari atau tidak sudah terbukti mulai dari masa kejayaan kerajaan-kerajaan besar di Indonesia yang menggunakan sungai sebagai alur utama transportasi mereka kala itu.

Untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan sadar arti penting sungai untuk bangsa Indonesia, Kongres Sungai Indonesia akan digelar kali pertama di Banjarnegara, Jawa Tengah, pertengahan Agustus 2015 mendatang.

Bahrul Ulum Koordinator Kelompok Kerja Pra Kongres Sungai Indonesi Jawa Timur mengatakan, ada enam isu strategis yang akan dibahas dalam pelaksanaan kongres.

“Diantara isu pokok yang paling signifikan dibahas dalam kongres tentang sungai sebagai daya dukung peradaban bangsa,” uajrnya di Surabaya, Minggu (12/07/2015).

Menurut Bahrul, isu lain yang juga akan jadi bahasan dalam forum, tentang peran sungai untuk mensejahterakan masyarakat.

“Dari sisi pengembangan energi terbarukan dengan memanfaatkan sungai, juga akan dibahas serius dalam arena kongres,” jelas Bahrul.

Pengembangan kawasan sungai sebagai kawasan ekowisata juga akan jadi bahasan penting di kongres yang rencananya akan diawali dengan banyak kegiatan pra kongres, seperti yang akan digelar di Surabaya, 27-28 Juli 2015.

“Sebelum membawa isu-isu penting dalam arena kongres, semua daerah akan menggelar pra kongres, termasuk Jawa Timur yang akan dipusatkan di Surabaya dengan membahas empat dari enam isu pokok yang akan dibahas dalam kongres,” papar Bahrul.

Pelaksanaan Kongres Sungai Indonesia yang akan digelar di Banjarnegara, Jawa Tengah itu, tidak hanya melibatkan orang-orang atau kelompok masyarakat yang selama ini berkutat dan paham juga dekat dengan sungai.

“Kongres ini melibatkan banyak pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, pakar dan para aktivis lingkungan juga jurnalis dan media massa,” ungkapnya.

Ditambahkan Bahrul, dengan melibatkan banyak pihak itu, maka masyarakat akan semakin sadar dan tahu, bahwa kewajiban menjaga sungai dan melestarikan ekosistem sungai, tidak hanya kewajiban dan tugas dari para aktivis lingkungan atau masyarakat di bantaran sungai, tapi semua orang wajib menjaga kondisi dan kelestarian sungai.

Untuk pelaksanaan pra kongres di Jawa Timur, rencananya Soekarwo Gubernur Jawa Timur akan jadi pembicara utama dalam sarasehan yang akan digelar 28 Juli 2015 di Kantor PDAM Kota Surabaya. [KJPL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s