Akifis Lingkungan Surabaya, Semarakan Hari Lingkungan Hidup Dunia

Surabaya – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2011, para aktifis lingkungan di Surabaya dan sekitarnya, menggelar beragam kegiatan penyelamatan lingkungan hidup.

Diantara kegiatan yang akan dilakukan, Bersepeda Susur Sungai yang digelar UKM Sepeda UNESA, Bike To Work, dan Ecoton.

“Dengan kegiatan itu, diharapkan akan didapat pemahaman, tentang pentingnya sungai, khususnya pada pelajar dan mahasiswa di Surabaya,” kata Hanafi Humas Bersepeda Susur Sungai Edukasi, di Surabaya.

Rencananya agenda Bersepeda Susur Sungai itu, digelar mulai dari pertigaan Jembatan Karang Pilang menuju Wringin Anom, sambil menyusuri sungai dan belajar mengenal ekosistem yang ada di sungai.

“Selain itu, para siswa dan mahasiswa yang ikut dalam kegiatan itu, diharapkan bisa melihat langsung, pencemaran yang dilakukan beberapa industri di sepanjang Kali Surabaya,” tambah Hanafi.

Aksi penyelamatan lingkungan lainnya, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, juga dilakukan Sahabat Lingkungan dan Walhi Jawa Timur.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2011, Sahabat Lingkungan dan Walhi Jawa Timur, menggandeng warga di kawasan Nambangan – Kenjeran, Surabaya, untuk bersih-bersih sampah di Pantai Kenjeran.

“Kita juga akan melakukan beberapa aksi, diantaranya teaterikal dan diharapkan dengan kegiatan itu, sampah-sampah di Pantai Kenjeran, tidak mengganggu keindahan dan ekosistem pantai,” kata Edy Humas Kegiatan tersebut.

Sementara di Kawasan Pesisir Pantai Timur, tepatnya di Kawasan Gunung Anyar Tambak, ratusan aktifis lingkungan hidup dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Unair, bersama Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan – KJPL Indonesia dan warga Surabaya, melakukan penanaman mangrove, di pesisir pantai.

Menurut Syafiq Ketua Panitia Kegiatan,”Kegiatan itu diharapkan bisa membantu mencegah terjadinya abrasi air laut ke daratan,”

Sebelum penanaman mangrove dilakukan, para peserta akan lebih dulu diberikan workshop singkat, tentang proses menanam mangrove, dan manfaat mangrove untuk pantai, yang akan disampaikan Tim Rumah Mangrove Surabaya. (KJPL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s